Rabu, 23 September 2015

TUGAS KETIGA



Tugas Ketiga
Nama  : WIWIT RAHAYU PUTRI
Kelas  : IA
NPM  : 156210522

Bagaimana kita melupakan dan mengingat sesuatu? Apa menurut pendapat anda?
Menurut saya kita bisa melupakan dan mengingat sesuatu karna adanya memori yang dapat menyimpan sesuatu apa yang terjadi dikehidupan kita. Memori juga dapat merekam peristiwa yang lalu dan masa lalu. Seperti kita ketahui memori adalah informasi tentang pengalaman masalah yang disimpan dalam otak manusia. Kita dapat melupakan dan mengingat sesuatu itu tergantung proses menyimpan informasi dalam otak yang memiliki 3 tahap :

Yang pertama yaitu memori sensori (memory sensory)
Mengingat dalam jangka waktu pendek, contohnya saja saat kita memegang botol pada waktu jam berapa? Itu tidak mungkin kita mengingatnya didalam suatu memori , dalam hal sebentar saja kita tidak akan mengingatnya lagi dan akan mudah melupakannya.

Yang kedua yaitu jangka pendek (short-term memory)
Suatu proses dimana penyimpanannya itu sementara. Informasi yang disimpannya dipertahankan selama informasi dibutuhkan. Contohnya saja jadwal masuk semester 1, disaat kita naik tingkat ke semester 2 kita tidak akan mngingatnya lagi jadwal disemester 1 malah yang kita butuhkan sekarang mengingat jadwal disemester 2.

Yang ketiga yaitu jangka panjang (long-term memory)
Suatu proses memori atau ingatan yang bersifat permanen. Inilah yang membuat kita dapat mengingat sesuatu yang lebih lama dan tetap terus ingat sampai kita sudah tua sekalipun. Contohnya saja ingatan pada masa-masa smpn dan sma. Sampai kita punya cucupun kita pasti akan mengingatnya bukan.

Bentuk penyimpanan informasi didalam memori ada 2:

  1.    Pengetahuan dan pengalaman seseorang sebagai sumber informasi disimpan dalam otak sebagai kesatuan mental yang disebut konsep.
  2. Konsep-konsep ini terbentuk karena informasi yang diserap indra manusia harus disimpan dan ditata secara ekonomis sehingga bahan otak tidak berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar