Kamis, 11 Agustus 2016

TUGAS KETIGA SEMESTER 3

TUGAS KETIGA SEMESTER 3
MORFOLOGI
WIWIT RAHAYU PUTRI
III A

1. Berdasarkan kemampuannya berdistribusi morfem-morfem pada kalimat berikut termasuk morfem apa?
  • Setiap malam ia berpesta pora menuruti hawa nafsunya.
  • Balap sepeda bertajuk Tour ke Siak bakal dimulai besok
 Jawab:
      Setiap malam ia berpesta pora menuruti hawa nafsunya.

Kata setiap disini adalah termasuk morfem terikat karena kata setiap memiliki dua morfem yaitu   morfem {se-} dan {tiap}.

 Kata malam, ia, pora, dan hawa termasuk morfem bebas karena ia dapat berdiri sendiri dan mempunyai arti tanpa harus dihubungkan dengan morfem lain. 

Kata berpesta , menuruti dan nafsunya termasuk morfem terikat. karena kata berpesta memiliki dua morfem yaitu morfem {ber-} dan {pesta}. sama dengan kata menuruti ia juga memiliki 3 morfem yaitu morfem {me}, {nurut}, {i-}. kata nafsunya juga termasuk morfem terikat karena ia memiliki dua morfem yaitu morfem {nafsu} dan {nya-}.

   
     Balap sepeda bertajuk Tour ke Siak bakal dimulai besok

 Kata balap. sepeda, Tour, ke, Siak, bakal, dan besok termasuk morfem bebas. karena ia dapat berdiri sendiri dan mempunyai arti tanpa harus dihubungkan dengan morfem lain. 

Kata bertajuk dan dimulai termasuk morfem terikat. karena kata bertajuk dan dimulai memiliki dua morfem yaitu morfem {ber-} dan {tajuk}, morfem {di-} dan {mulai}.


2. Carilah morfem afiks bahasa Indonesia yang tergolong produktif dan tidak produktif dan contohnya.

Jawab :   

 Afiks produktif (productive affix) adalah morfem afiks yang terus menerus mampu membentuk kata-kata baru.Misalnya morfem afiks {ke-an} dapat membentuk kata baru : keterlaluan,keadilan,kemanusiaan, kerakyatan dan lain-lain.

Afiks tak produktif (unproductive affix) adalah morfem afiks yang sudah tidak mampu lagi membentuk kata-kata baru. Misalnya morfem afiks {-em-},{-el-},dan {-er-} pada kata gemetar, telunjuk, dan gerigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar